in

Update Informasi Penyaluran BLT UMKM Rp1,2 Juta Gunakan Data KPU!

KABAR BAIK PENERIMA PKH! Kemensos cairkan bansos PKH tahap 2 senilai Rp 6,53 triliun!
KABAR BAIK PENERIMA PKH! Kemensos cairkan bansos PKH tahap 2 senilai Rp 6,53 triliun!

NUSANTARA, JAKARTA – Kementerian Koperasi dan UKM mendapatkan amanah untuk menjalankan program Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau BLT UMKM. Untuk itu, Kementerian Koperasi dan UKM menggandeng Komisi Pemilihan Umum (KPU) terkait data hasil sinkronisasi data pemilih dengan data sasaran pelaksanaan bantuan pemerintah bagi usaha mikro.

“Kami membutuhkan dukungan data KPU untuk memvalidasi data pelaku usaha mikro calon penerima BPUM, terutama untuk item data NIK, Nama, jenis Gender dan Alamat. Data dari KPU kita perlukan agar penyaluran program BPUM lebih tepat sasaran,” kata Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, dalam acara penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerjasama antara Kementerian Koperasi dan UKM dengan KPU, di Jakarta, Kamis (29/4/2021).

Baca juga : Sebanyak 2,4 Juta Perempuan Kepala Keluarga Belum Terdata BLT Dana Desa 2021!

Teten menambahkan, BPUM yang telah terlaksana di tahun 2020, dilanjutkan kembali di tahun 2021. Sebanyak 12,8 juta usaha mikro menjadi target penyaluran bantuan senilai Rp1,2 juta.

Namun, Teten mengakui, dalam pelaksanaannya, belum seluruh pelaku usaha mikro teredukasi dengan baik. Kementerian Koperasi dan UKM masih menemukan usulan-usulan yang kurang unsur datanya dan diragukan validitasnya. Sehingga, prosesnya belum dapat dilanjutkan untuk ditetapkan sebagai penerima program BPUM.

“Kerjasama antara Kementerian Koperasi dan UKM dengan KPU ini diharapkan mampu membantu menjawab kondisi tersebut dan mempercepat penyaluran BPUM tahun 2021,” tandasnya.

Dengan diberikannya bantuan permodalan untuk pelaku usaha mikro, Teten berharap para pelaku usaha mikro dapat bertahan dan kembali menjalankan usahanya. Sehingga, akan mempercepat gerak roda perekonomian nasional.

“Memasuki Triwulan II 2021, kita masih dihadapkan dengan situasi pandemi Covid-19. Dimana hampir seluruh lini kehidupan terdampak, termasuk di dalamnya sektor UMKM,” ujar Teten.

Baca juga : DISTRIBUSI BLT Dana Desa Baru Tersalur Rp1,5 T per April 2021!

Riset UNDP dan LPEM yang dirilis awal 2021 menyebutkan bahwa UMKM mengalami dampak yang mendalam dan signifikan akibat pandemi. Beberapa temuan kunci dalam laporan ini, antara lain sembilan dari sepuluh UMKM mengalami penurunan permintaan atas produk mereka selama pandemi.

Halaman 1 2

Rekomendasi

Cara atasi Penerima BLT UMKM Rp 1,2 Juta Tak Bisa Mencairkan karena Antrean di BRI Penuh!

Cara atasi Penerima BLT UMKM Rp 1,2 Juta Tak Bisa Mencairkan karena Antrean di BRI Penuh!

Berikut Rencana Mensos Risma Targetkan Bansos Tuntas Akhir Desember !

Berikut Bansos Segera Cair, Risma Ingatkan Hanya Ada Satu Situs Resmi untuk Mengeceknya!