in

GAWAT ! Ada 21 juta data ganda, Mensos: Data penerima bansos padan dengan data kependudukan!

GAWAT ! Ada 21 juta data ganda, Mensos: Data penerima bansos padan dengan data kependudukan!
GAWAT ! Ada 21 juta data ganda, Mensos: Data penerima bansos padan dengan data kependudukan!

NUSANTARA, JAKARTA – Menteri Sosial Tri Rismaharini menyatakan, kementeriannya telah menemukan 21 juta data ganda penerima bantuan sosial (bansos). Hal tersebut diungkapkannya ketika menyambangi KPK untuk membahas perkembangan mengenai data penerima bansos.

“Alhamdulillah sesuai janji saya April saat itu kami bisa menyelesaikan untuk perbaikan datanya, dan hasilnya adalah seperti sudah saya sampaikan 21 juta data itu ganda lalu kami tidurkan (cabut),” ujar Risma di Gedung KPK, Jumat (30/4).

Baca juga: Cara atasi Penerima BLT UMKM Rp 1,2 Juta Tak Bisa Mencairkan karena Antrean di BRI Penuh!

Risma memastikan data penerima bansos saat ini sudah padan dengan data kependudukan atau Nomor Induk Kependudukan (NIK). Sebab, hal ini telah berkoordinasi dengan Ditjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah.

“Data itu wajib dengan data kependudukan, terutama NIK nya. (Data bansos) yang sekarang kita keluarkan sudah padan dengan NIK kependudukan,” ujar dia.

Lebih lanjut, Risma mengungkapkan, pihaknya akan menyusun pakta integritas bersama pihak – pihak terkait untuk menyusun standar operasional prosedur (SOP) pembukaan data penerima bansos.

Baca juga: Sebanyak 2,4 Juta Perempuan Kepala Keluarga Belum Terdata BLT Dana Desa 2021!

Jadi, pembukaan data tidak serta merta dilakukan kecuali jika ada permintaan dari KPK, Kejaksaan Agung, BPKP atau pihak terkait lainnya jika dalam rangka pemeriksaan.

“Jadi ada SOP yang kita buat, termasuk memasukkan data itu ada SOP nya, sehingga tidak semua di kami, Kementerian Sosial. Sehingga kami butuh pakta integritas sehingga untuk menjamin bahwa data yang kita masukkan ini tepat dan sesuai dengan standard prosedurnya,” jelas dia.

Selain itu, Kementerian Sosial bersama KPK tengah menyusun whistle blower terkait pengaduan bansos. Kemudian bekerjasama dengan Kejaksaan Agung dan BPKP untuk melihat adanya temuan dan audit investigasi terkait bansos.

Halaman 1 2

Rekomendasi

Berikut Cara Cairkan BLT UMKM Tahap 3 Rp 1,2 Juta Lewat Eform BRI, Eform BNI dan PNM Mekar!

JADWAL UMKM Mekar Tahap 3 Cair? Berikut Link Cek Nama Penerima PNM Mekar 2021 Login!

TERBARU! Cara Daftar BPUM 2021 Online beserta Link Banpres UMKM di Berbagai Kota!

TAK TERIMA SMS NOTIFIKASI ? SEGERA CEK Penerima BLT UMKM Rp 1,2 Juta TAHAP 3 di BRI dan BNI dan LAKUKAN INI !